Rusia akan Jelajahi Bulan pada Oktober 2021 Mendatang

- 10 Agustus 2020, 18:10 WIB
ILUSTRASI bulan.*
ILUSTRASI bulan.* /Pixabay/Pexels


HALOYOUTH – Luna-25, beserta sejumlah instrumennya, yang merupakan pesawat luar angkasa Rusia, direncanakan akan meluncur menjelajah Bulan pada Oktober 2021 mendantang.


Pemasangan instrumen pesawat ruang angkasa-robotic Luna-25,telah dilakukan sebelumnya oleh spesialis industri luar angkasa Rusia dari badan antariksa Roscosmos.



Sebelumnya diberitakan Pikiran-rakyat.com, dalam artikel “Rusia Berniat Jelajahi Bulan pada Oktober 2021, Pertama Kali Sejak 1976”, melansir dari Space, kendaraan pendarat Bulan tersebut terdiri dari 9 instrumen yaitu 8 semuanya dari buatan Rusia, dan 1 dari badan antariksa Eropa (ESA) yaitu Pilot-D (demo sistem navigasi medan yang relatif).


Baca Juga: Ratusan Gajah Mati Misterius, Penyebabnya masih Diselidiki


Instrumen di pesawat itu dimaksudkan untuk meneliti komposisi, struktur dan sifat fisik-mekanik regolit kutub Bulan, debu dan plasma eksosfer di sekitar kutub selatan.



Hingga saat ini, belum ada pesawat ruang angkasa yang pernah ke wilayah ini, yang dianggap oleh banyak negara lain sebagai situs pangkalan Bulan di masa depan.



Perjalanan ini merupakan permintaan permintaan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, bagian dari Program Luar Angkasa Federal 2016-2025 dan didanai oleh Roscosmos. Luna-25 menjadi pembuka pertama program Rusia ke Bulan untuk mengangkut sampel tanah kembali ke Bumi.



Baca Juga: Penurunan Volume Sampah di Cirebon selama Pandemi



Terakhir kali seri Luna berhasil terbang ke Bulan yaitu Luna-24 pada 1976 silam.



Luna-24 menjadi misi ketiga Uni Soviet (kini Rusia) untuk mengambil sampel Bulan dan membawanya kembali ke Bumi. Misi pertama dan kedua adalah Luna-16 pada 1970 dan Luna-20 pada 1972.***(Julkifli Sinuhaji/PR)

Editor: Ade Rosman

Sumber: Pikiran Rakyat Space


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x