Netizen Ini Kesal, Beli Sepatu Harga Rp10 juta, Tapi Harus Bayar Bea Masuk Rp31 juta Oleh Bea Cukai: Gila Luh!

- 22 April 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi / Freepik
Ilustrasi / Freepik /

HALOYOUTH - Seorang pengguna TikTok mengunggah video kekesalannya karena ia tidak terima harus membayar lebih mahal dari harga barang yang ia beli hanya untuk biaya masuk. 

Dalam videonya, dia menceritakan bahwa dirinya membeli barang impor jenis sepatu olahraga dengan harga sekira Rp10juta, berikut PPH impor dan PPN hingga biaya pengiriman dan bea masuk sebesar 25,0%, atau seharusnya ia wajib membayar maksimal Rp5,8juta plus harga pokok barang.

Namun yang tidak masuk akal menurutnya, ia diminta harus membayar bea masuk sebesar Rp31,8juta dalam keterangan Tagihan Bea Cukai.

Di video tersebut juga ia menceritakan detail harga, hingga melakukan simulasi penrhitungan beban biaya lain menggunakan aplikasi yang disediakan Bea Cukai, namun hasilnya tetap berada disekitara Rp 5.8juta.

Baca Juga: Gara-Gara Kecanduan Game, Seorang Suami Tega Terlantarkan Istri dan Anaknya Hingga Ini yang Terjadi

"Halo bea cukai, gua mau nanya sama kalian, kalian tu netapin bea masuk tu dasarnya apa ya?" katanya dalam video yang dia unggah pada akun TikTok @radikhaithaf.

"Gua beli ini sepatu harganya 10,3juta, shipping 1,2juta, total 11,2juta, dan kalian tau bea masuknya berapa?" katanya sembari menunjukan notifikasi tagihan dari bea cukai sebesar Rp 31,810,343.

Ia tidak bisa memahami angka tersebut karena menurutnya tidak rasional, ia juga menunjukan kalkulasi versinya dengan menunjukan hasil yang jauh berbeda.

Menanggapi hal tersebut, banyak netizen ikut bersuara, beberapa dari mereka coba memberikan penjelasan lain atau menduga-duga bahwa hitung-hitungan tersebut tetap ada dasarnya. Namun tidak sedikit juga netizen turut membagikan pengalamanya selama transksi barang impor.***

Editor: Rifqiyudin

Sumber: TikTok


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x