Ramadhan 2021, Lima Desa Ini Lebih Awal Melaksanakan Puasa

- 10 April 2021, 21:18 WIB
Iluastrasi puasa
Iluastrasi puasa /Pixabay/mohammed_hassan/

HALOYOUTH - Perlu kamu tahu nih kalau di sejumlah Desa di pulau Ambon pada Ramadhan 1442 Hijriah atau ramadhan 2021 dilaksanakan lebih awal loh, yaitu pada Minggu 1 April dan Senin 12 April 2021.

Mereka yang melaksanakan puasa lebih awal itu warga Muslim sunni. Ada sebanyak lima desa di Kecamatan Leihitu dan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon.

Lima desa tersebut bakal melaksanakan puasa lebih awal dari yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Dikutip HALOYOUTH dari Antara pada Sabtu 10 April 2021, Warga Desa Wakal (Kecamatan Leihitu) dan Tengahtengah (Kecamatan Salahutu) telah mendapat pemberitahuan jadwal pelaksanaan ibadah puasa oleh imam dan pengurus masjid setempat selepas shalat Jumat 9 April 2021.

Baca Juga: Junta Militer Myanmar Tangkap Aktivis Hingga Selebriti, Demonstrasi Dianggap Hancurkan Negara

Warga muslim di dua desa ini akan menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 1442 Hijriah pada Minggu, 11 April 2021 sehingga sudah menjalankan shalat tarawih Sabtu (10/4) malam.

Warga muslim di Desa Wakal telah menggelar shalat sunnah tarawih perdana secara berjamaah Masjid Nurul Awal selepas shalat Isya. Sedangkan shalat tarawih di Desa Tengahtengah dipusatkan di Masjid An 'Nima.

Pada tahun sebelumnya, kedua desa ini juga melaksanakan ibadah puasa lebih awal dari yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Jadwal penentuan puasa ditetapkan oleh imam dan 12 tukang yang disebut penghulu masjid, berdasarkan penanggalan falakiah kuno.

Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah 6 Fungsi Lemak Bagi Kinerja Tubuh Kamu

Halaman:

Editor: Adi Riyadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah