Hindari Menahan Marah. Atau Bisa Kena Gangguan Mental.

- 13 April 2021, 15:16 WIB
Seorang Wanita Sedang Marah/
Seorang Wanita Sedang Marah/ /Bayu/Unsplash/Noah Buscher

Rasa marah yang diakibatkan kesal adalah hal yang manusiawi terjadi. Tapi jika kamu terus menerus secara berkepanjangan menahan perasaan marah akan menyebabkan banyak gangguan. Salah satu hal yang terpengaruh ketika kamu menahan marah adalah gangguan terhadap kesehatan mental.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries Minggu Ini, Perhatikan Kesehatan Mental Anda

Kesehatan mental dapat terganggu karena selalu menahan rasa frustasi, sakit hati, hingga kecewa. Namun, kemarahan yang timbul juga dapat diolah menjadi sesuatu yang berbahaya bahkan bisa juga bermanfaat.

Ketika seseorang sedang dalam keadaan marah, kondisi tersebut akan memicu tubuh untuk memutuskan bertahan atau melawan. Perasaan emosi tersebut memicu respons, seperti ketakutan, kegembiraan, hingga kecemasan. Otak yang menyalurkan darah menjauh dari usus dan menuju otot, sehingga aktivitas fisik sudah siap untuk dilakukan.

Baca Juga: Perhatian! Ini Tips Ampuh untuk Jaga Tekanan Darah Anda, Batasi Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

Selain itu, denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan juga dapat meningkat. Tidak hanya, suhu tubuh kamu akan naik dan kulit menjadi berkeringat karena menahan emosi. Hormon adrenalin dan kortisol yang terlalu banyak secara konstan dan terjadinya perubahan metabolisme akan terjadi ketika kamu sedang menahan marah. Sehingga, kerusakan pada sistem tubuh mungkin akan terjadi. Beberapa gangguan yang menyerang kesehatan mental, yaitu peningkatan rasa cemas dan depresi.

Baca Juga: Apa Ciri-ciri Depresi yang Jarang Orang Sadari? Salah Satunya Malas Melakukan Kebiasaan Sehari-hari

Beberapa orang akan mengekspresikan kemarahan dengan cara yang berbeda. Orang tersebut mungkin akan mulai melukai diri sendiri atau orang lain yang berada di sekitarnya. Kemarahan juga dapat menjadi pertanda seseorang mengalami hal yang sedih, depresi, hingga gangguan kesehatan mental lainnya.

Lalu bagaimana yang sebenarnya harus kita lakukan ketika kita sedang marah?
Ini caranya:

Halaman:

Editor: Rifqiyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x