Smart Approach, Strategi Nasional BNPT Selesaikan Terorisme di Indonesia

- 12 Desember 2021, 07:00 WIB
Screenshoot Kanal Youtube BNPT
Screenshoot Kanal Youtube BNPT /

HALOYOUTH – Dalam Podcast Kafe Toleransi yang bertajuk 'Kupas Pendanaan dan Transformasi JI', Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan menggunakan Strategi 'Smart Approach' dalam menyelesaikan terorisme di Indonesia 

Hal itu disampaikan oleh Pimpinan Satuan Tugas (Satgas) Penindakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Kombes Pol. Didik Novi Rahmanto saat menjadi narasumber dalam acara tersebut yang kemudian di unggah juga dalam kanal Youtube Humas BNPT

Didik mengatakan bahwa smart approach menurutnya merupakan strategi nasional dari pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan akar masalah radikalisme dan terorisme yang selama ini ada di Indonesia.

Baca Juga: 44 Eks Pegawai KPK Dilantik Jadi Anggota ASN Polri, Kapolri: Selamat Bergabung, Kita Perkuat Komitmen

“Strategi nasionalnya seperti apa, kalau saya bilang smart approach, yaitu penggabungan antara hard approach melalui penegakan hukum dan soft approach melalui pencegahan,” ujar Didik dikutip Haloyouth dari AntaraNews.

Didik mengatakan BNPT lebih mengedepankan soft approach dalam menuntaskan persoalan radikalisme dan terorisme di Indonesia. 

Menurutnya, BNPT menggunakan soft approach melalui program deradikalisasi yang berfokus menyelesaikan persoalan pada tataran hulu radikalisme dan terorisme, yaitu lembaga-lembaga pendidikan yang menjadi sarana radikalisasi.

Baca Juga: Begini Profil dan Keterlibatan 3 Terduga Teroris di Bekasi yang Ditangkap Densus 88

Namun, ujar Didik, langkah tersebut tidak dapat memberikan hasil yang optimal dalam memutus mata rantai radikalisme dan terorisme apabila hanya dilakukan oleh BNPT saja. 

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah