Jangan Sekali-kali Membentak Anak, Inilah 7 Dampak Buruk Anak Jika Keseringan Dibentak

- 19 Maret 2022, 09:18 WIB
Ilustrasi anak depresi
Ilustrasi anak depresi /Pexels/ Kat Jayne

HALOYOUTH- Jangan anggap bentak-bentak anak terus menerus itu hal yang sepele yah, jika hal ini dilakukan terus-menerus dapat memberikan dampak yang negatif bagi perkembangan anak ya.

Semakin bertambah usia anak, emosinya juga semakin berkembang. Terkadang ada saja sikapnya yang membuat Anda naik darah hingga terlontarlah bentakan padanya.

Membentak anak atau berteriak merupakan hal spontan yang biasa dilakukan orangtua untuk menunjukkan superioritasnya dan untuk menarik perhatian anak agar memperhatikan dan mendengarkan ucapannya.

Namun perlu diketahui bahwa ada akibat pada anak jika ia sering dimarahi dan dibentak, antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Harus Tahu! Berikut Penggunaan Huruf Kapital yang Baik dan Benar, Beserta Contohnya

1. Depresi

Ketika hal ini terus berkelanjutan, anak akan merasa orang tua dan lingkungan nya tidak lagi menerimanya. Tekanan dan juga amarah yang berlebihan dari orang tua akan membuat anak menjadi depresi. Tentu hal ini tidak menutup kemungkinan anak akan menyakiti diri mereka sendiri.

2. Sulit Menjadi Pendengar yang Baik

Karena dalam keseharian anak, yang ia dengar adalah kata-kata amarah dan kasar orang tua, maka anak pun cenderung menjadi orang yang malas untuk mendengarkan omongan orang tua. Dengan kata lain, anak akan tumbuh memiliki kebiasaan “masuk telinga kiri, keluar telinga kanan.” Anak pun juga akan kesulitan menjadi pendengar yang baik.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah