Menparekraf: Bali Menjadi Transformasi Wisata di Indonesia

- 27 September 2022, 22:04 WIB
Potret Menparekraf Sandiaga Uno.
Potret Menparekraf Sandiaga Uno. /sandiuno/Instagram

HALOYOUTH- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Bali memiliki peran strategis untuk mentransformasi pariwisata global.

Menurutnya, selain keindahan alam yang dimiliki, Bali juga merupakan garda terdepan dalam transformasi pariwisata di Indonesia. Sehingga Bali merupakan tuan rumah pada acara World Tourism Day yang sempurna.

Baca Juga: 27 September Diperingati Hari Pariwisata Dunia; Sebarkan Etika Berwisata

"Bali adalah tuan rumah yang sempurna untuk acara World Tourism Day. Bukan hanya karena keindahannya yang memancarkan harapan. Namun, karena Bali juga berada di garda terdepan dalam transformasi pariwisata di Indonesia," kata Sandiaga saat puncak perayaan World Tourism Day 2022 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, dikutip dari Antara, Selasa 27 September 2022.

Selain itu, Sandiaga juga mengatakan masyarakat Bali telah melakukan peran penting dalam membawa perubahan bagi pariwisata yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan di Indonesia dengan menjadi leader dalam setiap gerakan perubahan.

"Masyarakat Bali sendirilah yang kerap kali menjadi leader dalam menghadirkan gerakan perubahan. Masyarakat Bali telah menunjukkan peran penting masyarakat dalam membawa perubahan dan membantu mewujudkan pariwisata yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan," ujarnya.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Rekomendasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Untuk Berlibur

Satu contoh nyata diungkapkan Menparekraf terkait gerakan perubahan tersebut. Pada saat itu, ada dua gadis bernama Isabel dan Melati Wijsen yang masing-masing baru berusia 12 dan 10 tahun, yang berupaya menghentikan polusi plastik, dengan mengumpulkan seratus ribu tanda tangan untuk mendapatkan dukungan publik, sehingga membuat pemerintah daerah akhirnya melarang kantong plastik sekali pakai.

Sekitar satu dekade lalu, polusi plastik menjadi isu yang sangat serius di Bali. Mereka justru mampu mengatasinya, yang mana orang dewasa malah mengabaikan.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x