Plastik Organik Olahan Singkong Disiapkan Pemkab Bandung untuk Kurban

- 29 Juli 2020, 16:10 WIB
Hewan kurban. (Foto: Yusuf Nugroho/ANTARA)
Hewan kurban. (Foto: Yusuf Nugroho/ANTARA) /Yusuf Nugroho/ANTARA

HALOYOUTH - Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah sebentar lagi akan dilaksanakan. Perayaan hari tersebut akan dilaksanakan pada Jumat, 31 Juli 2020.

Datangnya hari raya tersebut, disambut dengan kreatifitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dengan menyediakan sedikitnya 426 ribu plastik organik. Plastik organik ini nantinya akan digunakan untuk membungkus daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat dalam perayaan Idul Adha.

Plastik organik tersebut merupakan olahan dari singkong (tapioka) yang selanjutnya diurai menjadi mikroorganik sangat singkat. Sehingga plastik organik ini menjadi aman bagi makhluk hidup. Hal tersebut dijelaskan langsung oleh Bupati Bandung, Dadang M. Naser.
"Plastik ini produksi dalam negeri. Hasil penguraiannya tidak lagi menjadi mikroplastik, tapi jadi mikroorganik," jelasnya.

Baca Juga: Mantan Bupati Indramayu Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Dadang juga menjelaskan jika plastik tersebut nantinya akan dibagikan ke setiap desa yang ada di Kabupaten Bandung sebanyak 1.000 plastik perdesa.

Selain itu, Ia juga menuturkan jika akan dibangun pabrik plastik organik di Kabupaten Bandung untuk kedepannya. Untuk pemasarannya, akan didistribusikan ke perusahaan daerah seperti agen.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah menuturkan jika pembuatan plastik tersebut dilakukan dengan metode oxo-biodegradable plastic (oxium). Plastik organik tersebut bahkan sudah mendapat sertifikasi layak pakai dari sejumlah negara di luar negeri, seperti Jepang dan Amerika.

Baca Juga: Akun Anak Sulung Donald Trump Diblokir Twitter

"Waktu urai plastik ini hanya dua tahun dan jadi mikroorganik. Sementara plastik biasa membutuhkan waktu lebih dari 50 tahun dan menjadi mikroplastik," terang Asep.

Halaman:

Editor: Fauzian Ahmad

Sumber: Galamedianews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x