Kendalikan Rabies, Ratusan Hewan di Banten Bakal Divaksin

Ade
- 30 September 2023, 17:16 WIB
Ilustrasi Hewan
Ilustrasi Hewan /Istimewa /

HALOYOUTH - Pemerintah Provinsi Banten menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka mengendalikan penyakit rabies di daerah perbatasan kedua wilayah tersebut.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Provinsi Banten Ari Mardiana mengatakan, pengendalian rabies dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-23 Provinsi Banten yang diperingati setiap tanggal 4 Oktober.

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Banten tanggal 4 Oktober, World Rabies Day (WRD) tanggal 28 September, dan implementasi Perjanjian Kerjasama Banten-Jawa Barat tentang Pengendalian Penyakit Hewan Menular Strategis/Zoonosis, Pengawasan Lalulintas Hewan dan Produk Hewan serta Penguatan Pelayanan Kesehatan Hewan," kata Ari di Serang, minggu 30 September 2023.

Baca Juga: Kemiskinan dan Pengangguran Iringi 23 Tahun Usia Provinsi Banten

Sebaran vaksinasi rabies meliputi empat lokasi antara lain Pasir Bungur, Cirendeu, Cibareno dan Cikatomas dengan sejumlah ratusan ekor hewan penular rabies (HPR) yang terdiri dari anjing, kucing, dan monyet.

Disisi lain, digencarkan juga sosialisasi dan vaksinasi rabies di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan tersebut melibatkan berbagai stakeholder antara lain Dinas Pertanian Provinsi Banten, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak, dan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Balai Veteriner Subang, Balai Karantina Pertanian Kelas II Cilegon, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Banten I, Perhimpunan Paramedik Veteriner Indonesia (PAVETI), pihak kecamatan hingga perangkat desa.***

Editor: Rifqiyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x