5 Kuliner Khas Banten Wajib Kamu Coba, Nomor 3 Makanan Kesukaan Sultan Banten

- 17 April 2021, 16:00 WIB
RABEG kuliner legendaris asal Banten yang pernah jadi santapan favorit Sultan Banten. Rabeg, Kuliner Khas Sultan Banten. Mewah Tapi Merakyat!
RABEG kuliner legendaris asal Banten yang pernah jadi santapan favorit Sultan Banten. Rabeg, Kuliner Khas Sultan Banten. Mewah Tapi Merakyat! /Kabar-banten.com

HALOYOUTH - Banten adalah salah satu provinsi yang letaknya berada diujung barat pulau jawa. Dalam sejarahnya pun tercatat bahwa Banten memiliki kerajaan Islam yang cukup berpengaruh dibumi nusantaram. Maka dari itu Banten memiliki banyak kekayaan cerita sejarah dan budayanya.

Namun bagi kamu pencinta kuliner sangat disarankan untuk datang ke Provinsi Banten, provinsi yang dikenal dengan perpaduan antara suku jawa dengan sunda ini memiliki segudang kuliner unik yang super nikmat.

Maka dari itu tim Haloyouth.pikiran-rakyat.com merangkum dari berbagai sumber tentang makanan khas Banten, berikut diantaranya:

1. Angeun Lada

Makanan khas Banten ini dibumbui oleh rempah-rempah alami dan ditambah dengan cabai rawit yang sudah dihaluskan, maka dari itu disebut sebagai angeun lada yang berarti sayuran yang pedas. Bagi kamu pencinta kuliner yang bersifat makanan pedas sangat disarankan untuk mencicipi makanan khas Banten ini, tekstur yang gurih dan rasa yang pedas akan membuat kamu menjadi ketagihan.

Pada umumnya masyarakat Banten membuatnya dengan berbahan dasar babat sapi atau tulang iga sapi, setelah itu biasanya masyarakat membiarkan nya matang secara bersama sampai rasanya meresap sampe kedalam.

2. Sate Bandeng

Jenis Sate bandeng ini memang berbeda dengan sate pada umumnya, ia lebih mirip seperti otak-otak Bandeng khas Gresik, maka jika kamu berkunjung ke Provinsi Banten sangat disarankan untuk menyantap salah satu makanan khas Banten ini, sebab makanan khas ini memilki keunikan yaitu duri ikan sudah dibuang terlebih dahulu maka kamu tidak perlu was-was saat menyantapnya.

Cara membuat sate bandeng cukup mudah, dengan memisahkan duri ikan bandeng dengan dagingnya kemudian dihancurkan lalu dicampurkan kedalam bumbu rempah-rempah, setelah diolah dengan bumbu rempah-rempah maka daging bandeng tersebut kembali dimasukan kedalam kulit ikan bandeng sehingga seolah-olah ikan bandeng utuh. 

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x