Bank Dunia Gelontorkan 400 Juta Dolar untuk Tangani Resesi Indonesia, Berikut Kegunaannya

- 11 Juni 2021, 14:43 WIB
Ilustrasi Bank Dunia
Ilustrasi Bank Dunia /ANTARA

HALOYOUTH - Bank Dunia mengucurkan pendanaan kepada Indonesia untuk mengatasi keretakan di sektor keuangan akibat pandemi COVID-19. Adapun jumlah dana yang digelontorkan Word Bank sebesar 400 juta dolar AS atau setara Rp5,6 triliun.

Menurut Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Satu Kahkonen mangatakan, uang ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mendukung reformasi pemerintah Indonesia guna memperdalam, meningkatkan efisiensi, dan memperkuat, ketahanan sektor keuangan.

"Pendanaan ini melengkapi berbagai upaya pemerintah untuk melindungi sektor keuangan dan perekonomian secara keseluruhan dari dampak-dampak yang ditimbulkan oleh krisis COVID-19," katanya, sebagaimana dikutip Haloyouth.Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Jumaat, 11 Juni 2021.

Baca Juga: Wah, Ini 5 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bertolak Belakang dengan Dunia Medis, Cek Apakah Kamu Diantaranya

Pendanaan yang baru digelontorkan ini menurut pihaknya harus digunakan untuk mendukung berbagai reformasi di sektor keuangan melalui tiga pendekatan utama.

Pertama, pendanaan bertujuan untuk memperdalam sektor keuangan dengan memperluas akses kepada layanan keuangan, termasuk oleh generasi muda dan perempuan, memperluas cakupan produk-produk keuangan, dan memberikan insentif untuk simpanan jangka panjang.

"Berbagai upaya tersebut akan mengurangi kerentanan Indonesia terhadap arus keluar portofolio asing," kata Kahkonen.

Baca Juga: Cara Mengecek Penerima BLT UMKM 2021 Secara Online Hanya dengan KTP

Kedua, pinjaman ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya di sektor keuangan dengan memperkuat kerangka kepailitan dan hak-hak kreditor, melindungi konsumen dan data pribadi, serta membangun sistem pembayaran yang lebih efisien dan cepat dengan memanfaatkan teknologi digital.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x