Ridwan Kamil Anjurkan Masyarakat Jawa Barat untuk Rutin Menggunakan Masker

- 5 Agustus 2020, 15:41 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menjelaskan soal manfaat masker dan langkah lokdown.*/Pikiran-Rakyat.com/Egi Septiadi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menjelaskan soal manfaat masker dan langkah lokdown.*/Pikiran-Rakyat.com/Egi Septiadi /



HALOYOUTH – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berpesan untuk warga Jawa Barat pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini agar rutin memakai masker saat keluar rumah.



Hal ini diungkapkan Ridwan Kamil saat Rapat Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID tingkat Cirebon, bertempat di salah satu Hotel di Cirebon pada Rabu 5 Agustus 2020.



Menurutnya langkah lockdown dengan menggunakan masker manfaatnya hampir sama, yaitu bisa menurunkan rantai penyebaran COVID-19. Sebelumnya diberitakan Pikiran-rakyat.com, dalam artikel “Ridwan Kamil Nilai Penggunaan Masker Sama Efektifnya dengan Penerapan Lockdown untuk Cegah Covid-19”.



"Akan tetapi langkah lockdown justru bidang ekonomi masyarakat jadi korban, sosial masyarakat jadi stress dan sebagainya. Sementara penggunaan masker dapat menurunkan penularan COVID-19, namun bidang ekonomi dan sosial masyarakat bisa tetap jalan," kata kang Emil panggilan akrabnya kepada wartawan, di Cirebon.


Baca Juga: Update: Korban Tewas Akibat Ledakan di Beirut Tembus 100 Jiwa


Kang Emil berpesan agar Jawa Barat ke depan tidak ada lockdown lagi, karena dengan langkah lockdown sendiri korban ekonomi dan sosial lebih tinggi dirasakan oleh masyarakat. Mengingat kesadaran penggunaan masker di masyarakat Jawa Barat hanya 50 persen.



"Maka dari itu dalam razia masker ada denda dan ada sanksi, karena hasil survei di Jawa Barat sendiri kesadaran penggunaan masker hanya 50 persen," terang Emil.



Atas data tersebut, Ridwan Kamil berpesan kepada para wali kota, bupati, dan pimpinan daerah lain agar lebih rutin menggelar razia masker dan memberikan sanksi di dalamnya.
Ia menerangkan hal tersebut bukan semata-semata mencari uang, melainkan untuk mewujudkan kedisiplinan di masyarakat.***(Egi Septiadi/PR)

Baca Juga:
Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional, Jokowi akan Beri Santunan Rp600 Ribu ke Pegawai Swasta

Editor: Ade Rosman

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x