Kominfo Luncurkan Visi Indonesia Digital 2045, yuk Kepoin

- 14 Desember 2023, 10:51 WIB
Airlangga Hingga Zulkifli Hadiri Lounching Visi Indoneaia Digital 2045 Kominfo
Airlangga Hingga Zulkifli Hadiri Lounching Visi Indoneaia Digital 2045 Kominfo /

HALOYOUTH - Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi meluncurkan dokumen Visi Indonesia Digital (VID) 2045. Peluncuran dokumen strategi berisi rekomendasi arah kebijakan dan strategi nasional bidang digital tersebut dilakukan bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

“Saya harap VID 2045 ini dapat menjadi acuan seluruh pemangku kepentingan dalam membuat sekaligus mengimplementasikan berbagai kebijakan untuk menyukseskan transformasi digital Indonesia,” ungkap Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam sambutan Launching Visi Indonesia Digital 2045 di Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Rabu (13/12).

Baca Juga: Lebih Unggul dari Orang Lain, 10 Tanda Jika Kamu Memiliki Growth Mindset yang Menjadikanmu Sukses

Menurut Menkominfo, VID 2045 dirancang dengan memperhatikan prioritas pembangunan pada berbagai dokumen strategis bidang digital yang ada.

Dokumen meliputi Rencana Induk Pengembangan Industri Digital Indonesia yang disusun Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) serta Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030 yang diterbitkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian awal Desember lalu.

Baca Juga: Klasemen BWF World Tour Finals 2023: Jonatan Christie Dipuncak, Viktor Axelsen Juru Kunci, Ginting?

“Seluruh dokumen tersebut merupakan upaya baik yang patut diapresiasi. Selanjutnya bagaimana implementasinya dapat dilakukan secara sinergis dan kolaboratif. VID 2045 menawarkan alternatif guna memperkaya upaya dan strategi yang sudah ada, dengan menyoroti pemanfaatan teknologi digital secara produktif dan terarah,” jelasnya.

VID 2045 menggambarkan analisis terhadap identifikasi isu relevan, perkembangan tren teknologi, peluang, serta pertimbangan terhadap dampak ekonomi, sosial, dan budaya dalam penyelenggaraan transformasi digital.

“Melalui tiga pendekatan utama, VID 2045 menyajikan strategi konkret untuk mencapai target nasional jangka panjang Indonesia, yakni pendekatan ekosistem, pendekatan sektoral, dan pendekatan kewilayahan,” ungkap Menteri Budi Arie.***

Halaman:

Editor: Maslam Danur

Sumber: liputan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x