Absen dari Daftar 11 Negara yang Boleh Masuk Arab Saudi, Indonesia Terancam Tak Dapat Kuota Haji Tahun Ini

- 3 Juni 2021, 23:11 WIB
Ilustrasi ibadah haji
Ilustrasi ibadah haji /Pixabay / Adliwahid/

HALOYOUTH- Esam Abid Althaghafi, duta besar Arab Saudi untuk Indonesia mengatakan, 11 negara yang diizinkan masuk ke Arab Saudi itu hanya mendapat izin untuk perjalanan bisnis dan lainnya.

Pemerintah Arab Saudi memberikan izin masuk kepada 11 negara. Namun, perjalanan itu tidak ada kaitannya dengan umrah dan haji.

Meskipun demikian, Esam berharap segala urusan haji dan umroh dapat segera berjalan seperti biasa. Dia mengatakan kementerian yang mengurus haji dan umrah belum diputuskan final.

Baca Juga: Dugaan Gratifikasi Helikopter, Ketua KPK Firli Bahuri Dilaporkan ICW ke Bareskrim Polri

Namun Indonesia masih belum masuk daftar negara yang boleh masuk Arab Saudi. Terlihat dari postingan akun twitter resmi Kementerian Dalam Negeri @MOISaudiArabia.

Dalam cuitanya Kementerian Arab Saudi menyebut sebanyak 11 negara yang diizinkan. Berikut daftar 11 negara yang sudah diizinkan masuk Arab Saudi adalah sebagai berikut:

1. Amerika Serikat
2. Inggris
3. Irlandia
4. Italia
5. Jepang
6. Jerman
7. Prancis
8. Portugal
9. Swedia
10. Swiss
11. Uni Emirat Arab

Baca Juga: Iklim Dunia dan Ekosistem Diambang Kerusakan, PBB Serukan Negara-negara Penuhi Komitmen Pemulihan Ekosistem

Melihat informasi tersebut menimbulkan spekulasi bahwa Indonesia tak mendapat kuota haji di tahun ini. Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menyebut, hingga saat ini, belum ada keputusan resmi dari Arab Saudi tentang alokasi kuota haji untuk berbagai negara.

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: Twitter @MOISaudiArabia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x