Filosofi Logo Resmi Hari Pahlawan Nasional 2021 yang Harus Kamu Tahu

- 9 November 2021, 21:40 WIB
Filosofi dan Makna logo Hari Pahlawan 2021
Filosofi dan Makna logo Hari Pahlawan 2021 /Twibbonize.com/kemas abdussyukur

HALOYOUTH - Saban tanggal 10 November, Indonesia memperingati hari bersejarah yakni pertempuran Surabaya tahun 1945 yang kemudian diabadikan menjadi Hari Pahlawan Nasional. 

Peringatan Hari Pahlawan Nasional sendiri menurut Kementerian Sosial Republik Indonesia sebagaimana haloyouth kutip dari laman resminya, ialah sebagai sarana untuk menghormati dan mengenang kembali jasa perjuangan para pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan sekaligus mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Setiap tahunnya, pemerintah menentukan tema dan logo resmi peringatan Hari Pahlawan Nasional. Lantas apa, mengapa, dan bagaimana tema, logo, beserta makna filosofinya? Berikut ulasannya..

Baca Juga: 4 Rekomendasi Film di Hari Pahlawan, Nomor 3 Wajib Kamu Tonton!

Tema dari peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2021 adalah “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”.

Jika dahulu para pahlawan Indonesia berjuang sangat gigih dengan mengangkat senjata, maka saat ini kita berjuang dengan melawan kemiskinan, kebodohan, korupsi, paham-paham radikal, dan termasuk melawan pandemi Covid-19 yang melanda dunia khususnya di Indonesia.

Sedangkan makna dan filosofi yang terkandung di dalam logo resmi peringatan Hari Pahlawan Nasional 2021 adalah sebagai berikut.

1. Bambu Runcing

Bambu runcing merupakan senjata tradisional sederhana yang digunakan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia. Senjata ini merupakan simbol dari keberanian para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme di Indonesia kala itu.

Baca Juga: Rekomendasi Film yang Bisa Ditonton saat Peringati Hari Pahlawan Nasional Salah Satunya Battle of Surabaya

Halaman:

Editor: Rifqiyudin

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x