Bikin Takjub! Pakai Aspal Kelas Dunia, Sirkuit Mandalika Kalahkan Sepang, Simak Keunggulan dan Spesifikasinya

- 22 November 2021, 15:29 WIB
Bikin Takjub! Pakai Aspal Kelas Dunia, Mandalika Kalahkan Sepang, Simak Keunggulan dan Spesifikasinya
Bikin Takjub! Pakai Aspal Kelas Dunia, Mandalika Kalahkan Sepang, Simak Keunggulan dan Spesifikasinya /Tangkapan layar instagram @sirkuitmndalika/

HALOYOUTH - PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC) mendatangkan aspal dari Inggris untuk lintasan balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 

Perlu kalian tahu, Sirkuit Mandalika memiliki dengan 17 tikungan, 11 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri. Banyaknya tikungan di sana sesuai dengan kualitas sirkuit.

Sirkuit Mandalika menggunakan aspal Stone Mastic Aspal (SMA) aspal tersebut merupakan aspal terbaru yang terbaik di dunia bahkan mengalahkan Sikuit Sepang, Malaysia.

Tidak semua sirkuit di dunia menggunakan produk aspal tersebut, karena SMA baru dikeluarkan pada tahun 2015.

Baca Juga: Heboh dan Bikin Gemas! Aksi Anak Marcus Hibur Pebulutangkis Hingga Dipuji Popor Sapsiree dan Viktor, Ini Dia

"Tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis ini. Karena produknya baru keluar 2015. Yang sudah itu baru Silverstone, Dubai, dan Philip Iland. Sepang pun belum karena dibangun 2012 pada saat itu belum ada aspal seperti ini (Mandalika,red),"kata Direktur Konstruksi dan Pengembangan MGPA, Dwianto Eko Winaryo sebagaimana dikutip Haloyouth.com dari Antara pada Senin 22 November 2021.

Menurutnya, Baru ada 2 sirkuit di dunia ini yang telah menggunakan aspal SMA ini salah satunya sirkuit Mandalika ini.

Beberapa sirkuit di dunia yang sudah memakai aspal ini antara lain Sirkuit Silverstone (Inggris), Sirkuit Dubai, dan Sirkuit Philip Island (Australia). Wow keren juga yaa Indonesia bisa menggunakan aspal SMA ini.

Pasti kalian bertanya seberapa kuat si aspal SMA itu? Simak ulasannya disini. Keunggulan aspl SMA ini adalah daya cengkram dengan roda sangat tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pembalap.
Sehingga sangat cocok dengan banyaknya tikungan di sirkuit Mandalika ini.

Halaman:

Editor: Adi Riyadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x