Masa Tunggu Ibadah Haji Sampai 90 Tahun? Ini Penjelasan Kemenag

- 16 Juni 2022, 11:03 WIB
Masa tunggu ibadah haji semakin lama
Masa tunggu ibadah haji semakin lama /Ilustrasi ibadah haji/Freepik

HALOYOUTH – Setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19, pemberangkatan haji kembali dilakukan tahun ini. Namun, masa tunggu ibadah haji peserta lainnya terlihat menjadi semakin lama.

Hal itu terlampir dalam Daftar tunggu ibadah haji yang tersaji dalam aplikasi Haji Pintar atau website Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU).

Data tersebut menunjukkan estimasi masa tunggu ibadah haji yang semakin lama, bahkan ada masa tunggu ibadah haji lebih dari 90 tahun lamanya.

Dijelaskan Kasubdit Siskohat Ditjen PHU, Hasan Afandi, estimasi keberangkatan haji memang mengalami kemunduran. Hal ini, kata Hasan Afandi, disebabkan bilangan pembagi daftar tunggunya didasarkan pada kuota haji tahun berjalan.

Baca Juga: Vittinghus Pakai Peci dan Batik Bersama Gurunya, Warganet: Kiyai Haji

Ia menyatakan bahwa estimasi keberangkatan selalu menggunakan angka kuota tahun terakhir sebagai angka pembagi.

“Tahun ini kebetulan kuota haji Indonesia hanya 100.051 atau sekitar 46% dari kuota normal tahun-tahun sebelumnya,” terang Hasan Afandi seperti dikutip Haloyouth.com dari website Kemenag pada Kamis, 16 Juni 2022.

Estimasi masa tunggu ibadah haji yang tersaji dalam aplikasi Haji Pintar disebut Hasan Afandi masih berdasarkan kuota haji tahun 2022, yaitu 210 ribu.

Namun sejak ada kepastian bahwa kuota haji 1443 H adalah sekitar 100ribu, maka bilangan pembaginya mengalami penyesuaian.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x