Sengit, Adu Strategi Pasukan Elite Hamas Brigade Izzuddin Al Qassam vs Israel Defense Force

- 13 Oktober 2023, 18:25 WIB
Hamas, Harakat al-Muqawama al-Islamiyya (Gerakan Perlawanan Islam), adalah kelompok politik dan militer yang berbasis di Palestina.
Hamas, Harakat al-Muqawama al-Islamiyya (Gerakan Perlawanan Islam), adalah kelompok politik dan militer yang berbasis di Palestina. /MARAWATALK/ Willy/

HALOYOUTH - Pertarungan sengit antara militan Hamas Palestina melawan pasukan elite Israel makin dinamis dan penuh kejutan.

Pejuang Hamas memiliki pasukan elite khusus yang dinamakan Brigade Izzuddin Al Qassam, syarat untuk menjadi pasukan ini pun sangat ketat, mulai dari fisik, intelegensia, mental sampai spiritual.

Pasukan Al Qassam diketahui wajib menjadi penghafal Qur'an, pendidikannya pun minimal setara S1, memiliki pemahama spiritual dan mental yang siap berkorban atau bisa dikatakan tak takut mati serta memiliki kekuatan fisik yang teruji.

Baca Juga: Pengamat Internasional Minta Indonesia Izinkan Hamas Buka Kantor Perwakilan di Jakarta

Seolah tak mau kalah dengan Hamas, Israel pun memiliki pasukan khusus yang sangat terkenal dengan perlatan teknologi canggihnya.

Sejak operasi badai Al Aqso yang dilancarkan oleh pejuang Hamas saat fajar di 07/10/2023. Telah terjadi adu strategi dan unjuk kekuatan. Pertempuran menjadi semakin sengit dan rumit saat Benjamin Netanyahu menyatakan perang terhadap Hamas.

Ada hal yang unik dalam pertempuran kali ini, pasukan Hamas menggunakan berbagai alutsista sederhana namun kreatif, seperti Paragliding, boat dan motor dalam penyerbuan dari segala dimensi.

Israel menanggapinya dengan melakukan blokade total dan pengeboman menggunakan jet tempur, Hamas membalasnya dengan hujan roket.

Baca Juga: Hamas Surati Presiden Jokowi, Ini Permintaannya Kepada Indonesia

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: Al Jazeera beragam sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x