Gempa Berkekuatan 7,5 dan 6,6 Skala Richter Guncang Taiwan dan Jepang Selatan, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

- 3 April 2024, 10:37 WIB
Taiwan Diguncang Gempa M7.4 Hari Ini, Picu Jepang dan Filipina Keluarkan Peringatan Tsunami
Taiwan Diguncang Gempa M7.4 Hari Ini, Picu Jepang dan Filipina Keluarkan Peringatan Tsunami /X @DaryonoBMKG

HALOYOUTH - Pagi Rabu ini, gempa bumi berkekuatan dahsyat menggetarkan wilayah sekitar Taiwan dan Jepang Selatan. Badan Meteorologi Jepang mencatat dua gempa berkekuatan 7,5 dan 6,6 skala Richter, yang terjadi secara berurutan dalam waktu singkat. Guncangan yang dirasakan bahkan mencapai pulau Okinawa dan Miyako di Jepang Selatan.

Gempa berkekuatan 7,5 skala Richter terjadi pada pukul 08:58 waktu setempat, dekat pantai timur Taiwan dengan kedalaman yang sangat dangkal, mengirimkan gelombang kejut yang dirasakan dalam radius yang luas. Belum ada rincian lebih lanjut mengenai kerusakan atau dampak yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

Tak sampai 15 menit kemudian, gempa kedua dengan kekuatan 6,6 skala Richter juga tercatat, menambah kepanikan di kawasan yang sudah terguncang. Penduduk di prefektur Okinawa, Jepang Selatan, juga melaporkan merasakan guncangan dengan kekuatan 4 skala Richter dikutip Haloyouth.com dari berbagai sumber.

Pihak berwenang segera mengambil tindakan dengan mengeluarkan peringatan tsunami untuk pulau-pulau terdekat, termasuk Okinawa, Miyako, dan Yaeyama. Badan Meteorologi Jepang memperkirakan gelombang tsunami setinggi tiga meter (10 kaki) akan menerjang wilayah Miyako dan Yaeyama, sementara diperkirakan gelombang tsunami akan mencapai Okinawa pada pukul 10.00 waktu setempat.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan mengenai kerusakan yang signifikan atau korban jiwa. Pihak berwenang terus memantau situasi dengan cermat dan mengimbau warga untuk tetap tenang serta mengikuti petunjuk evakuasi yang telah disediakan.***

Editor: Adi Riyadi

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x