Ma'ruf Amin Dorong Seluruh Ulama Indonesia Bersatu Tingkatkan Moderasi Islam

- 26 Januari 2022, 14:59 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin /Twitter @Kiyai_MarufAmin/

HALOYOUTH - Dalam Halaqah Kebangsaan I Yang di Selenggarakan oleh Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme Majelis Ulama Indonesia (BPET-MUI) melalui siaran video di Jakarta, Hari Rabu 26 Januari 2022, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin Mendorong seluruh Ulama di Indonesia untuk meningkatkan dan menyebarkan ajaran Islam yang moderat kepada seluruh umat Islam di berbagai daerah.

Menurutnya dengan implementasi Islam wasathiyah Indonesia dapat menjadi poros perdamaian dan toleransi di berbagai negara, termasuk negara Islam.

"Saya optimistis, jika ulama Indonesia bersatu padu terus dalam merawat dan meningkatkan moderasi Islam, maka wasathiyah di Indonesia akan menjadi poros pancaran harapan bagi lahirnya dunia yang damai," kata Ma'ruf Amin dikutip Haloyouth dari AntaraNews pada hari Rabu 26 Januari 2022

Ma'ruf Amin juga mengapresiasi peran para ulama Indonesia yang telah berperan mewujudkan pemahaman Islam secara moderat dan toleran kepada masyarakat Indonesia untuk ikut serta dan menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Para ulama telah memainkan peranan kunci dalam mewujudkan pemahaman Islam secara moderat dan toleran serta ulama sebagai pewaris para nabi dan obor keteladanan bagi umat," kata Ma'ruf Amin

Baca Juga: Wow, Akhir Tahun 2022, Erick Thohir Targetkan BUMN Menuju E-government

Indonesia, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, dapat hidup berdampingan dengan para pemeluk agama lain.

Hal inilah yang menjadi contoh dan keteladanan bagi negara-negara asing, terutama negara yang masih dilanda konflik baik yang berlatar agama atau etnis untuk menjadi juru damai dan menciptakan perdamaian ke tengah-tengah masyarakat.

"Rasanya tidak berlebihan jika kita dinilai atau dipersepsikan oleh masyarakat dunia, sebagai salah satu model yang patut menjadi contoh untuk menjaga perdamaian dan persatuan dalam keberagaman," katanya.

Halaman:

Editor: Adi Riyadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah