Menuju Kekuatan Ekonomi Empat Besar Dunia, Pemerintah Genjot Produk UMKM Guna Bentuk Ekosistem Ekonomi

- 24 Januari 2022, 10:17 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir /Tangkapan layar Twitter/@erickthohir/

HALOYOUTH - Sebagai upaya membentuk ekosistem perekonomian dan juga mengejar target Indonesia menjadi sebuah negara dengan empat terbesar ekonomi dunia pada tahun 2045, Pemerintah sedang berupaya menggenjot sektor UMKM dengan produk lokal unggulan.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam kunjunganya di Kabupaten Cianjur pada hari Minggu 23 Januari 2022 mengatakan Indonesia secara geografis memiliki kekuatan yang dapat meningkatkan ekonominya, namun selama ini masih banyak pihak yang belum fokus pada pengelolaanya kekuatanya.

"Indonesia memiliki kekuatan secara geografis yang dapat meningkatkan perekonomian, namun selama ini, banyak pihak yang terjebak dan tidak fokus pada kekuatan ekonomi di Indonesia seperti industri pariwisata yang fokus pada wisatawan asing," kata Erick Thohir dikutip Haloyouth dari AntaraNews pada Hari Senin 24 Januari 2022.

Baca Juga: Demi Tekan Pelanggaran Lalu Lintas dan Balap Liar, Polres Metro Bekasi Akan Gelar Street Race

Menteri BUMN itu juga mengatakan bahwa sebelum pandemi, di Indonesia tercatat transaksi wisatawan domestik mencapai Rp1.400 triliun dan transaksi dari wisatawan luar negeri hanya Rp300 triliun.

Namun setelah pandemi diakuinya ada penurunan wisatawan asing yang mencapai 70 persen, sedangkan untuk wisatawan lokal hanya 30 persen.

"Ini cukup membuktikan kalau wisatawan lokal cukup menjanjikan dibandingkan wisatawan asing, sehingga perlu dibangun kekuatan ekonomi lokal yang tetap tinggi meski pandemi," kata Erick Thohir.

Baca Juga: Gempa Bumi dengan Magnitudo 6,1 Goyang Melonguane Sulut, Berpotensi Tsunami?

Untuk bisa memanfaatkan pasar dan kekuatan lokal itu, Indonesia harus memiliki ekosistem ekonomi tersendiri. 

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x