Bursa Cawapres 2024: Ini Survei Elektabilitas Tertinggi Calon Kandidat

- 2 September 2022, 12:33 WIB
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta /Foto: poltracking.com/Humas/

HALOYOUTH- Pemilihan presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan pada tahun 2024. Namun, lembaga survei Poltracking Indonesia sudah memunculkan beberapa nama untuk capres dan cawapres.

Hasil survei calon kandidat wakil presiden untuk pilpres 2024 menurut Poltracking Indonesia, terdapat empat nama yang menduduki posisi tertinggi elektabilitasnya untuk calon kandidat wakil presiden.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda A.R. dalam keterangan persnya yang diterima di Denpasar, Rabu 31 Agustus 2022 malam, mengatakan bahwa survei Poltracking secara nasional pada tanggal 1—7 Agustus 2022 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. dikutip dari Antara, Kamis 01 September 2022.

Baca Juga: Dinilai Sangat Sopan, Begini Isi Chat Brigadir J Saat Urusi Pakaian Putri Candrawathi yang Viral

"Klaster survei ini menjangkau 34 provinsi se-Indonesia secara proporsional. Berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir dengan proporsi jenis kelamin pemilih," kata Hanta Yuda.

Terdapat empat cawapres terkuat secara elektabilitas yang dipilih publik, yakni Ridwan Kamil (12,6 persen), Sandiaga Salahudin Uno (11,9 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (11,7 persen), dan Erick Thohir (10,8 persen).

Sementara itu, empat cawapres berdasarkan partai politik yang jadi pilihan masyarakat, ada Agus Harimurti Yudhoyono (11,7 persen), Puan Maharani (6,5 persen), Muhaimin Iskandar (2,7 persen), dan Airlangga Hartanto (1,7 persen).

Baca Juga: Tidak Jadi Naik, Berikut Daftar Harga Pertalite di Setiap Wilayah

Hasil survei tertinggi, untuk calon wakil presiden tahun 2024 secara individu memunculkan nama Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat (12,6 persen). Sedangkan, berdasarkan partai politik diduduki ketua umum partai Demokrat Agustus Harimurti Yudhoyono (11,7 persen).***

Editor: Rifqiyudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah