Pendaftaran Calon Kades di Pandeglang Dimulai Hari Ini, Berikut Tahapannya

- 4 Juni 2021, 12:57 WIB
Ilustrasi Pilkades
Ilustrasi Pilkades /unsplash.com/element5digital

HALOYOUTH - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Doni Hermawan menyampaikan, bahwa tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 207 Desa, 32 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang sudah dilaksanakan diantaranya untuk pembukaan pendaftaran calon.

"Besok (hari ini-red) sudah dimulai pendaftran calon dari mulai 4 -12 juni," ujar Doni dalam Rapat Koordinasi Panitia Pemilihan Tingkat Kabupaten, Persiapan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Pandeglang, Kemarin.

"Penetapan hasil seleksi dan pengumuman calon kades yang akan dipilih pada tanggal 30 Juni, sedangkan pelaksanaan pemungutan suara Pilkades pada tanggal 18 Juli," tambahnya.

Doni juga menjelaskan, karena pilkades kali ini ditengah pandemi, tentu pada pelaksanaanya menerapkan prokes. "Nanti yang mengatur dari panitia kecamatan, mereka sudah mengetahui aturan nya seperti apa," pungkasnya.

Baca Juga: Anya Geraldine Buka Lowongan Kerja, Yuk Buruan Daftar!

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengimbau, agar pelaksanaan Pilkades wajib menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) guna mengeliminir kluster baru. "Pilkades ini merupakan rutinitas, namun menjadi hal baru karena ditengah pandemi 19," ujarnya.

"Ini penting dipahami oleh semua panita dan jangan sampai terabaikan sehingga pelaksanaan dapat berjalan lancar dan aman," tambahnya

Agar seluruh panita dari mulai tingkat Kabupaten hingga Kecamatan dan Desa memahami tahapan yang akan dilakukan, Bupati Irna meminta sebelum pelaksanaan Pilkades dilakukan zoom meeting tentang tata cara pilkades ditengah pandemi.

"Kalau ada waktu yang cukup lakukan zoom meeting setelah nanti ada penetapan pasangan calon Kepala Desa," pungkasnya.***

Editor: Adi Riyadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x