Maggot Sumber Cuan dan Keseimbangan Lingkungan, Begini Penjelasannya

- 29 September 2021, 23:01 WIB
maggot bisa memberikan dampak terhadap keseimbangan lingkungan.
maggot bisa memberikan dampak terhadap keseimbangan lingkungan. /YouTube/Asumsi/

HALOYOUTH - Nama Maggot, dalam beberapa bulan terakhir ini mendadak populer dikalangan budi daya ikan di Indonesia. Pasalnya, maggot bisa menjadi salah satu pakan alternatif dengan harga yang sangat terjangkau.

Maggot sendiri adalah bayi larva lalat agau black soldier fly yang mampu menguraikan sampah organik dengan sangat cepat dalam jumlah besar.

Dibandingkan cacing, maggot lebih berguna sebagai pakan ternak karena lebih cepat berkembangbiak dan cepat bisa dipanen. Karena banyak manfaat dan keunggulan yang tidak ada pada bahan baku lain, maggot menjadi alternatif buat pakan hewan.

Baca Juga: Ini Dia Obat Herbal Kencing Manis 'Diabetes Mellitus' yang Belum Banyak Diketahui

Disamping maggot mengandung protein tinggi yang dibutuhkan oleh ikan, maggot juga berfungsi sebagai pengolahan sampah organik yang biasanya banyak diproduksi oleh rumah tangga. Dengan diolah menjadi maggot, sampah akan menghilang dan di saat yang sama akan menjadi makanan untuk ikan.

Sebagaimana dikutip oleh Haloyouth.com dalam vidio yang diunggah oleh akun YouTube @asumsi, maggot bisa memberikan dampak terhadap keseimbangan lingkungan.

Iqbal, kepala produksi Maggot Putra Tangerang (MPT) yang dulunya bekerja sebagai pembudidaya puyuh, kini beralih profesi menjadi pembudidaya maggot.

Baca Juga: Bambu Hitam Bisa Menghasilkan Cuan, Begini Penjelasannya

Berawal dari harga pakan puyuh yang mahal, Iqbal mencari pakan alternatif lain di internet, di sana Iqbal menemukan maggot sebagai pakan alternatif. Sejak saat itu Iqbal mengalihkan peofesi dari yang tadinya budidaya puyuh, menjadi budidaya maggot.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: YouTube


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x