Begini Isi Pidato Jokowi dalam KTT COP26 yang Tuai Kritik Greenpeace hingga Berbuntut Laporan Polisi

- 14 November 2021, 16:12 WIB
Presiden RI Joko Widodo
Presiden RI Joko Widodo /Dok:Twitter/@jokowi/

HALOYOUTH- Pidato Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim COP26, yang digelar di Glasgow, Skotlandia, Senin, 1 November 2021 lalu, menuai kritik dari komunitas Greenpeace.

Dalam pidatonya, Jokowi menyebut laju deforestasi di Indonesia turun signifikan dalam 20 tahun terakhir, kebakaran hutan di Indonesia sebut Jokowi, turun 82 persen di tahun 2020.

Begini Isi Pidato Lengkap Presiden Jokowi dalam KTT COP26:

"Yang Mulia, perubahan iklim adalah ancaman besar bagi kemakmuran dan pembangunan global. Solidaritas, kemitraan, kerjasama, kolaborasi global, merupakan kunci.

Baca Juga: Jokowi Sering Dihina Orang, Kaesang Tak Ambil Pusing: Daripada Ngurusin Orang Kurang Ajar, Mending Kita Kerja

Dengan potensi alam yang begitu besar, Indonesia terus bekontribusi dalam penanganan perubahan iklim. Laju deforestasi turun signifikan, terendah dalam 20 tahun terakhir. Kebakaran hutan juga turun 82 persen di tahun 2020.

Indonesia juga telah memulai rehabilitasi hutan mangrove seluas 600 ribu hektare sampai di 2024, terluas di dunia. Indonesia juga telah merehabilitasi 3 juta lahan kritis antara tahun 2010 sampai 2019. Sektor yang semula menyumbang 60 persen emisi Indonesia akan mencapai carbon net sink, selambatnya tahun 2030.

Di sektor energi kami juga terus melangkah maju. Dengan pengembangan ekosistem mobil listrik, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya terbesar di Asia Tenggara, pemanfaatan energi baru terbarukan termasuk biofuel, serta pengembangan industri berbasis clean energy termasuk pembangunan kawasan industri hijau terbesar di dunia, di Kalimantan Utara.

Baca Juga: Fadli Zon Usul Pemberantasan Terorisme hingga Bubarkan Densus 88

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x