Kapan Penetapan 1 Ramadhan 2022? Berikut Jadwal Sidang Isbat Awal Bulan Puasa Ramadhan

- 1 April 2022, 09:38 WIB
 Ilustrasi Rukyatul Hilal.
Ilustrasi Rukyatul Hilal. /- @thirdman

HALOYOUTH - Penetapan awal bulan puasa 2022 atau awal Ramadhan 1443 H akan digelar oleh Kementerian Agama melalui Sidang Isbat pada Jumat, 1 April 2022.

Seperti diketahui, Sidang Isbat biasanya akan digelar mendekati bulan suci Ramadhan sebagai hasil keputusan dan kemudian di informasikan kepada masyarakat khususnya umat muslim dalam menjalankan awal puasa Ramadhan.

Dikutip dari laman Kemenag, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib mengatakan bahwa Sidang Isbat ini akan mempertimbangkan informasi awal dari hasil perhitungan astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme rukyatul hilal atau pemantauan.

Baca Juga: Sah Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia, Jerome Polin Komentari Penampilan Maudy Ayunda

Adib menuturkan secara hisab semua sistem telah sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 20 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB

"Pada hari rukyat, 29 Syakban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," ucap Adib

Adib menjelaskan penetapan 1 Ramadhan 1443 H masih menunggu hasil rukyatul hilal yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten/kota yang bekerjasama dengan peradilan agama, ormas Islam dan instansi lainnya.

Baca Juga: Pertamax Naik Menjadi Rp12.500, Pejabat Pertamina Sebut Pertimbangkan Kondisi Sosial Masyarakat

"Kemenag telah menetapkan 101 lokasi titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag kabupaten/kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan ormas Islam serta instansi lain, di daerah setempat," katanya.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x