Mengenal Alopecia, Gangguan Kesehatan yang Buat Istri Will Smith Kehilangan Rambutnya

- 1 April 2022, 13:36 WIB
Mengenal Alopecia, Gangguan Kesehatan yang Buat Istri Will Smith Kehilangan Rambutnya
Mengenal Alopecia, Gangguan Kesehatan yang Buat Istri Will Smith Kehilangan Rambutnya /Instagram @willsmith/

HALOYOUTH - Alopecia adalah gangguan kesehatan yang dialami istri Will Smith yang menyebabkan wanita itu kehilangan rambut di kepalanya.

Belakangan ini, nama Will Smith dan istrinya Jada Pinkett santer diperbincangkan publik. Itu bermula ketika Chris Rock dianggap membuat lelucon yang menyinggung di Piala Oscar dengan mengaitkan plontosnya kepala Jada dengan sekuel G.I Jane. Di mana film tersebut menampilkan tokoh yang rambutnya dicukur habis untuk berperan sebagai prajurit AS.

Lelucon Chris Rock itupun membuat Jada Pinkett tersinggung dan memunculkan reaksi tidak terduga dari suaminya, Will Smith. Aktor yang bermain di film King Richard itu menghampiri Chris Rock di panggung dan mendaratkan pukulan di wajahnya.

Aksi Will Smith itupun mendapatkan berbagai reaksi publik. Namun, yang tidak kalah menarik perhatian adalah penyakit yang diderita Jada Pinkett yang membuat istri Will Smith itu kehilangan rambutnya. Diketahui, penyakit itu bernama Alopecia. Lalu, apa itu Alopecia?

Seperti yang dilansir dari The New York Times, Alopecia adalah istilah umum yang mengacu pada berbagai jenis kerontokan rambut.

Alopecia bisa disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh, atau yang biasa dikenal dengan Alopecia Autoimun.

Baca Juga: Gila! Mega Proyek Dubai, Begini Proses di Balik Pulau Buatan Dubai dari Awal hingga Akhir

Autoimun Alopecia dapat dipicu oleh discoid lupus erythematosus yang dapat menyebabkan luka hingga jaringan parut pada wajah dan kulit kepala. Kondisi autoimun lain yang berhubungan dengan kerontokan rambut adalah central centrifugal cicatricial alopecia. Gangguan autoimun ini diketahui dapat menyebabkan jaringan parut pada kulit kepala hingga kerontokan rambut permanen.

Sementara menurut Dr. George Cotsarolis, seorang dokter kulit di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, tidak jelas jenis Alopecia yang dialami Jada Pinkett, namun, masih menurut Dr. George, penampilan istri Will Smith itu menunjukkan bahwa itu adalah alopecia areata.

Halaman:

Editor: Adi Riyadi

Sumber: The New York Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x