Pakaian Adat yang Digunakan Jokowi saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Berasal Dari Daerah Mana?

- 17 Agustus 2022, 18:42 WIB
Pakaian Adat yang Digunakan Presiden Jokowi saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Berasal Dari Daerah Mana?
Pakaian Adat yang Digunakan Presiden Jokowi saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 Berasal Dari Daerah Mana? /prfmnews.id/

HALOYOUTH - Pada Upacara Peringatan HUT RI ke 77 presiden Jokowi mengenakan pakaian adat yang berwarna dasar merah dan dipadukan dengan warna putih.

Presiden Jokowi saat menjadi inspektur upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022 di istana merdeka, Jakarta Pusat, mengenakan pakaian adat bernama Dolomain asal Buton, Sulawesi Selatan.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” ujar Presiden Jokowi di Istana Merdeka beberapa waktu sebelum upacara dimulai.

Ini bukan pertama kalinya Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI, melainkan pada tahun-tahun sebelumnya juga Jokowi kerap kali mengenakan pakaian adat.

Baca Juga: Rawat Kemerdekaan, Cucu Bung Hatta Pilih Rebahan, Beri Rapor Merah Pelanggaran HAM Berat Pada Jokowi

Menurutnya, Indonesia memiliki kekayaan adat budaya yang sangat tinggi, termasuk dalam hal pakaian adat. Sehingga presiden mengangkat pakaian adat tersebut untuk dipakai dalam berbagai kesempatan termasuk pada acara yang sangat penting ini.

“Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah juga Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Jawa, Betawi, kemudian ke sana Bali, Sasak, Bugis, pernah semua,” jelasnya saat HUT ke-75 RI 17 Agustus 2020, dikutip oleh haloyouth dari prfmnews.id.

Saat HUT ke-76 RI tahun 2021 lalu, Jokowi memilih untuk mengenakan baju adat Pepadun dari Provinsi Lampung.

Pada HUT ke-75 RI tahun 2020, Kepala Negara mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: prmnnews.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x