Isi Teks Proklamsi Kemerdekaan Indonesia dan Mengenal Sejarah Singkat Detik-Detik Perumusan

- 1 Agustus 2021, 11:24 WIB
Ilustrasi Fakta HUT RI ke-76, Ihwal Perbedaan Teks Proklamasi Versi Ir. Soekarno dan Sayuti Melik
Ilustrasi Fakta HUT RI ke-76, Ihwal Perbedaan Teks Proklamasi Versi Ir. Soekarno dan Sayuti Melik /tangkapan layar google.com/search proklamasi/

HALOYOUTH Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang selalu digaungkan saat Upacara Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, mungkin hanya segelintir orang yang tau dan hafal isi teksnya.

Merujuk dari itu Haloyouth.Pikiran-Rakyat.com merangkum perihal sejarah singkat mengenai Proklmasi Kemerdekaan dan isi Naskahnya.

Proklamasi Kemerdekaan ini dibentuk pada tanggal 16 Agustus 1945 malam hari sebelum dibacakan untuk esok harinya di Jakarta.

Baca Juga: JASMERAH, Mengenal Pristiwa Penculikan Soekarno-Hatta di Rengasdengklok

Hal ini berawal ketika Golongan Muda menculik Soekarno, istrinya Fatmawati dan Putra Sulungnya beserta Moh. Hatta ke Rengasdengklok pada Pukul 4.30 Kamis, 16 Agustus 1945.

Keputusan Penculikan tersebut dari hasil keputusan Rapat Golongan Muda seperti Sukarni, Dn Aidit, Chaerul Saleh, Wikana, Darwis dan pemuda lainya.

Hal ini Sebab para Golongan Muda pernah meminta Soekarno dan Hatta untuk segera memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia secepatnya namun ditolak.

Baca Juga: Apa Agama Megawati? Orang Berpengaruh Bagi Jokowi, Cek Biodata dan Profil Lengkap Megawati Seokarnoputri

Dikarnakan lebih memilih menunggu kabar dari Dai Nippon mengenai kondisi Jepang yang telah menjanjikan akan memberikan kemerdekaan Indonesia.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x