Tuai Kritikan, Pengamat Nilai Penunjukan Maudy Ayunda Jadi Jubir G20 Indonesia Hanya Gimmick Pemerintah

- 18 April 2022, 14:15 WIB
Maudy Ayunda didaulat menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia
Maudy Ayunda didaulat menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia /Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden/

HALOYOUTH – Penunjukkan Maudy Ayunda sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia menuai kritikan.

Sejumlah pengamat menilai keputusan Indonesia untuk menunjuk penyanyi dan aktris Maudy Ayunda hanyalah upaya pemerintah Indonesia untuk menggaet populasi muda.

Tak tanggung-tanggung, tujuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengambil langkah itu dianggap sebagai upaya merayu populasi muda yang tengah menghadapi tingkat pengangguran yang tinggi.

Seperti diketahui, lebih dari setengah penduduk Indonesia di bawah 35 tahun dan tingkat pengangguran untuk mereka yang berusia 16-30 tahun berjumlah 14 persen tahun lalu.

“Penunjukkan simbolis ini merupakan bagian dari upaya meredam kritikan dari kaum muda terhadap isu-isu kritis, seperti pekerjaan dan pelayanan publik,” kata Peneliti Politik Badan Riset dan Inoveasi Nasional, Wasisto Raharjo sebagaimana dikutip Haloyouth.com dari Bloomberg pada Senin, 18 April 2022.

Baca Juga: Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia, Maudy Ayunda: Kalau Tidak Sekarang, Kapan Lagi?

Menurutnya, meski itulah tujuan Jokowi sebenarnya, sayangnya pemerintah hanya peduli pada anak muda di perkotaan dan melupakan mereka yang berada di pedesaan.

“Jangkauan pemerintah condong ke kaum muda perkotaan yang memiliki hak istimewa, sementara meninggalkan mayoritas yang berpenghasilan menengah ke bawah dan tinggal di daerah pedesaan,” ujarnya.

Wasisto menyebut, pada kenyataannya anak muda di Indonesia berpotensi menjadi pengangguran dua kali lipat dari tingkat nasional yang sebesar 6,5%. Meskipun pemerintah sudah menyiapkan program pelatihan kerja dan beasiswa untuk pendidkan tinggi yang dikelola negara.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: Bloomberg


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x