Jadi Presidensi G20 dan Tuan Rumah di Bali, Indonesia Genggam Kepercayaan Dunia

- 14 Desember 2021, 21:23 WIB
Jadi Presidensi G20 dan Tuan Rumah di Bali, Indonesia Genggam Kepercayaan Dunia
Jadi Presidensi G20 dan Tuan Rumah di Bali, Indonesia Genggam Kepercayaan Dunia /Foto : Facebook Presiden Jokowidodo/

HALOYOUTH – Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma pada 31 Oktber 2021 Indonesia dipercaya untuk memimpin forum global beranggotakan negara-negara penyumbang 80 persen Produk Domestik Bruto (PDB).

Ini merupakan pertama kalinya bagi Indonesia dalam memimpin negara-negara anggota G20,  Presidensi itu resmi diserahkan oleh Perdana Menteri Italia Mario Draghi kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dengan penyerahan itu secara resmi Indonesia menjadi Pemimpin negara-negara G20 yang dimulai pertanggal 1 Desember 2021 artinya Indonesia juga menggenggam kepercayaan dunia untuk menyukseskan sejumlah agenda, terutama terkait pemulihan global melalui berbagai upaya dan solusi yang konkret.

Dilansir Haloyouth dari AntaraNews, Presiden Jokowi megatakan agar Presidensi Indonesia di G20 tidak hanya sebatas seremonial belaka, tetapi juga melakukan aksi nyata.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kerusakan Sungai di Kalbar Akibat Pertambangan dan Perkebunan

Menurutnya Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 menghasilkan terobosan-terobosan besar serta membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama yang terjalin.

"Kepercayaan ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia. Untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil dan berkelanjutan, berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” kata Jokowi

Dengan tema “Recover Together, Recover Stronger”, Indonesia akan menekankan inklusivitas dalam Presidensi G20 ini agar dampak positifnya tidak hanya dirasakan oleh negara-negara anggota, tetapi juga negara berkembang lainnya.

Itikad itu tercermin dalam pelibatan negara kepulauan kecil dari Pasifik dan Karibia untuk pertama kalinya dalam sejarah Presidensi G20, di samping negara berkembang lain dari Afrika, ASEAN, dan Amerika Latin.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x