Mengenal Sosok Surya Paloh Yang Kini Dianggap Sebagai Sang Penentang Istana

- 16 September 2023, 13:18 WIB
Anies Baswedan, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh dan Muhaimin Iskandar
Anies Baswedan, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh dan Muhaimin Iskandar /Instagram Anies Baswedan/

Haloyouth - Di kancah politik Indonesia, siapa yang tak mengenal sosok Surya Paloh sang maestro politik kenamaan di Indonesia, melalui partai Nasdem sebagai kendaraan politiknya telah menjadikan Surya Paloh sebagai politisi yang memiliki daya tawar dan pengaruh yang patut diperhitungkan.

Hal itu makin diperkuat dengan industri dan berbagai lini usaha yang dimilikinya, salah satunya di bidang industri media. Diketahui jika Surya Paloh adalah ketua partai dengan harta kekayaan paling besar di antara ketua umum Parpol yang lain.

Namun, seperti apa sosok Surya Paloh yang sebenarnya. Sebelumnya diketahui jika Surya Paloh adalah salah satu orang dekat lingkaran istana, ia melalui partai Nasdem-nya telah dua kali berturut-turut mendukung pencalonan Jokowi, sehingga mengantarkan Jokowi berhasil menjadi presiden selama dua periode.

Baca Juga: Terkuak Alasan Anies-Cak Imin Pilih Surabaya Jadi Lokasi Deklarasi, Ada Perjuangan Merobek Bendera Belanda

Berbeda dengan tokoh politik kebanyakan saat ini yang terlihat senantiasa menjilat dan berkata manis terhadap Istana dan Presiden Jokowi. Surya Paloh justru mengambil haluan yang sangat jauh, bukan lagi berbelok arah tapi justru melawan arah. Hal itu disebabkan karena Surya Paloh mendeklarasikan dan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden, yang dimana diketahui secara umum jika Anies Baswedan sering kali dianggap sebagai antitesa Jokowi.

Anies yang kerap kali mengkritisi berbagai kebijakan Istana, sering kali dianggap sebagai penentang atau antitesa Jokowi. Disinyalir ada ketidaksukaan pihak rezim Istana terhadap pengusungan Anies Baswedan sebagai calon presiden. Dengan demikian, mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden sama artinya dengan menabuh genderang perang. Berbagai manuver dan drama politik pun terjadi, dimulai dari pembunuhan karakter terhadap Anies dan juga berbagai upaya yang dianggap sebagai penjegalan pencapresannya.

Namun, Surya Paloh tak bergeming, walaupun berbagai hantaman diarahkan kepadanya dan kubu koalisi yang dibangunnya hal itu tak membuatnya gentar dan goyah. Surya Paloh yang dulu dianggap sebagai orang dekat Istana, kini dianggap sebagai penentang Istana.

Baca Juga: Terkuak Alasan Anies-Cak Imin Pilih Surabaya Jadi Lokasi Deklarasi, Ada Perjuangan Merobek Bendera Belanda

Visi gerakan perubahan yang digaungkannya telah membawa badai prahara politik yang dahsyat terhadap diri dan partainya. Bahkan saat ini diyakini bahwa siapapun yang berkaitan dengan Anies Baswedan maka konsekuensinya adalah penggembosan dan dieliminasi. Mampukah Surya Paloh dan gerakan perubahan yang diusungnya bertahan menghadapi berbagai manuver dan drama politik dari lawan

Halaman:

Editor: Nursanik

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x