Ridwan Kamil Bagikan Kondisi Terkini Sungai Citarum yang Dijuluki 'Sungai Terkotor di Dunia'

- 8 September 2021, 19:33 WIB
Momen Ridwan Kamil kunjungi Sungai Citarum yang Dijuluki 'Sungai Terkotor di Dunia'
Momen Ridwan Kamil kunjungi Sungai Citarum yang Dijuluki 'Sungai Terkotor di Dunia' /Instagram.com/@ridwankamil/


HALOYOUTH – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa saat ini kualitas air Sungai Citarum sudah semakin membaik dari sebelumnya.

Hal ini diketahui dari unggahannya di Instagram @ridwankamil pada Rabu, 8 September 2021. Saat itu lelaki yang lebih akrab disapa Kang Emil terlihat tengah mendampingi Menkomarves (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi), Luhut Binsar Pandjaitan berkunjung ke Kantor Satgas Citarum di Jalan Ir H Djuanda Bandung.

Menurut Ridwan Kamil kualitas air Sungai Citarum terus menunjukan kualitas membaik selama 2,5 tahun terakhir.

“Sungai Citarum setelah 2,5 tahun, alhamdulillah kualitas airnya sudah membaik dan menjernih,” tulisnya sebagaimana dilansir Haloyouth.com.

Baca Juga: Keji! Diduga Demi Pesugihan, Orang Tua di Gowa Sulawasi Selatan Ini Sadar Jadikan Anaknya Sebagai Tumbal

Orang nomor satu di Jawa Barat itu menerangkan, bahwa kondisi tersebut merupakan hasil dari program Citarum Harum yang sudah berjalan sejak 2,5 tahun lalu.

“Mayoritas kualitas air Sungai Citarum dan anak-anak sungainya masuk kategori cemar ringan dari sebelumnya berstatus cemar berat dan kotor sekali. Status cemar ringan ini melampaui target 2021 yang seharusnya cukup cemar Sedang, alhamdulillah," lanjutnya.

Menurut Ridwan Kamil, selama program Citarum Harum ini berjalan pemerintah berhasil mengangkat 27.000 ton sampah dari sungai tersebut. Bahkan sepanjang Sugai Citarum juga terus dilakukan kegiatan reboisasi lahan kritis.

Baca Juga: Imbal Hasil Obligasi AS Naik, Penyebab Rupiah Anjlok terhadap Dolar

"Sudah 2700 ton sampah tidak lagi masuk langsung ke sungai karena dicegat pengolahan sampah daur ulang dll. Sudah 36 ribu hektar lahan kritis yang bikin longsor dan sedimen sudah dihijaukan," tulisnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: Instagram @ridwankamil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x