Gempa Terkini Guncang Jatim-Bali Berkekuatan Magnitudo 5,3

- 13 Desember 2021, 16:45 WIB
Ilustrasi gempa terkini.
Ilustrasi gempa terkini. /pixabay.com/tumisu

HALOYOUTH- Wilayah Selatan Jawa Timur dan Bali diguncang Gempa Tektonik berkekuatan Magnitudo 5,3 pada Hari Senin 13 Desember 2021 pukul 12.46 WIB. Gempa diakibatkan aktifitas subduksi lempeng.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,69 derajat LS; 113,57 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 167 km arah Selatan Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 73 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan guncangan gempa ini juga dirasakan di daerah Kuta III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Jember II-III MMI, Denpasar, Kuta Utara, Karangasem, Pacitan, Trengalek, Lumajang, Blitar, Banyuwangi, Bondowoso, Malang II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Menurutnya gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan yang mendatar (strike slip) dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa ini.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip), Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ucap Bambang dikutip Haloyouth dari AntaraNews

Baca Juga: BREAKING NEWS, BMKG Laporkan Gempa Kekuatan 5,5 Magnitudo Guncang Selat Sunda Hari Ini

Bambang juga melaporkan hingga pukul 13.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ).

BMKG merekomendasikan masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Kemudian BMKG meminta masyarakat untuk memeriksa dan pastikan bangunan tempat tinggalnya cukup tahan gempa, atau pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum masyarakat kembali ke rumahnya.***

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x