Jadi Ketua PBNU Terpilih, Inilah Profil KH Yahya Cholil Staquf Gus Yahya

- 24 Desember 2021, 18:12 WIB
SAH! Jadi Ketua PBNU Terpilih, Inilah Profil KH Yahya Cholil Starquf
SAH! Jadi Ketua PBNU Terpilih, Inilah Profil KH Yahya Cholil Starquf /Facebook/ Yahya Cholil Staquf/

HALOYOUTH - KH Yahya Cholil Staquf atau biasa dipanggil Gus Yahya telah resmi terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Periode 2021-2026 dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung Pada Hari Jumat Tanggal 24 Desember 2021

Gus Yahya telah berhasil mendapatkan perolehan suara 337 mengalahkan incumbent KH Said Aqil Siroj dengan jumlah suara 210. 

Gus Yahya lahir di Rembang, Jawa Tengah, 16 Februari 1966. Gus Yahya merupakan putra dari KH Muhammad Cholil Bisri, yang merupakan pengasuh dari Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin di Leteh, Rembang, Jawa Tengah. 

Selain sebagai seorang ulama, ayah Gus Yahya juga dikenal sebagai sosiolog dan politikus juga pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan kakek Gus Yahya adalah seorang tokoh besar NU, KH Bisri Mustofa, penyusun Kitab Tafsir Al Ibris. 

Baca Juga: Sah! Yahya Cholil Staquf Terpilih Jadi Ketua Umum PBNU

Gus Yahya dibesarkan di lingkungan pesantren, sudah dididik dan digembleng ilmu agama sejak dini. Meski orang tuanya memiliki pesantren, tapi dirinya dikirim untuk mondok di Madrasah Al Munawwir Krapyak, Kota Yogyakarta, yang diasuh oleh KH Ali Maksum.

Setelah selesai mondok, Gus Yahya kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (FISIP UGM). Selama masa kuliah, Gus Yahya aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta. 

Kakak kandung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu sempat bermukim selama setahun di Mekkah, Arab Saudi untuk mengaji. 

Gus Yahya dikenal cukup dekat dengan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Saat Gus Dur masih berkuasa pada tahun 1999-2001 dirinya ditunjuk sebagai Juru Bicara Presiden saat itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x