Dimulai dari Titik Nol Kilometer IKN, Presiden Jokowi Sebut Penyatuan Tanah dan Air Bentuk Kebhinekaan

- 14 Maret 2022, 16:18 WIB
Dimulai dari Titik Nol Kilometer IKN, Presiden Jokowi Sebut Penyatuan Tanah dan Air Bentuk Kebhinekaan dan Per
Dimulai dari Titik Nol Kilometer IKN, Presiden Jokowi Sebut Penyatuan Tanah dan Air Bentuk Kebhinekaan dan Per /Screenshoot Akun Youtube Sekretariat Presiden/

HALOYOUTH - Dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kawasan Titik Nol Kilometer IKN Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada hari Senin 14 Maret 2022, Presiden Joko Widodo menggelar prosesi penyatuan tanah dan air yang dibawa oleh para Gubernur dari 34 Provinsi di Indonesia.

Presiden mengatakan bahwa hal tersebut bentuk dari sebuah kebhinekaan dan persatuan dalam pembangunan Ibu kota baru yang akan dimiliki oleh Indonesia kelak.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para gubernur. Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," kata Presiden Jokowi dikutip Haloyouth dari AntaraNews pada hari Senin 14 Maret 2022

Dalam prosesi penyatuan tersebut, Presiden Jokowi telah menerima tanah dan air dari 34 provinsi yang dibawa oleh masing-masing gubernur dari lokasi yang sesuai dengan kearifan lokal dan budaya wilayah setempat.

Baca Juga: Patung Jokowi Terpasang di Pintu Masuk Sirkuit Mandalika, Bupati Lombok Minta Publik Tak Mempermasalahkan

Para Gubernur itu menyerahkan tanah dan air kepada Presiden untuk kemudian disatukan kedalam sebuah gentong besar sebagai tanda bahwa Ibu Kota Nusantara adalah milik seluruh provinsi dan masyarakat didalamnya.

Penyerahan tanah dan air kepada Presiden diawali oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kemudian diikuti oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Bamengku Buwono X.

Penyerahan itu kemudian ditutup oleh Gubernur Kaltim Isran Noor yang menyerahkan tanah dan air dari Kutai Kartanegara dan Kesultanan Paser.

Dengan penyatuan tanah dan air dari 34 Provinsi di Indonesia, Presiden menegaskan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara sebagai cita-cita besar bangsa Indonesia akan segera dimulai.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x