Hari Pers Nasional 2022, Begini Pesan Presiden Joko Widodo Bagi Insan Pers Indonesia

- 9 Februari 2022, 19:09 WIB
Peringati HPN 2022, Presiden Jokowi Dorong Penataan Ekosistem Industri Pers
Peringati HPN 2022, Presiden Jokowi Dorong Penataan Ekosistem Industri Pers /setkab

HALOYOUTH - Dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Presiden Joko Widodo mengingatkan insan pers Indonesia agar tidak terjebak pragmatisme ditengah perubahan drastis lanskap persaingan media yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir ini.

Hal itu Presiden sampaikan dalam sambutanya melalui sambungan konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor dengan Kendari, Sulawesi Tenggara, pada hari Rabu 9 Februari 2022.

"Pers Indonesia harus mampu memperbaiki kelemahan sambil melanjutkan agenda-agenda besar bangsa, menguatkan pijakan untuk melompat lebih tinggi dan mampu berselancar di tengah-tengah perubahan," kata Presiden Joko Widodo dikutip Haloyouth dari kanal Youtube resmi Sekretariat Presiden pada Hari Rabu 9 Februari 2022.

Baca Juga: Di Era Digital, Menkominfo Sebut Peran Pers Sangat Penting dalam Mengawal Demokrasi

"Mempercepat transformasi digital untuk menghasilkan karya-karya jurnalistik berkualitas, lebih cepat dan tetap akurat, tidak terjebak pada sikap pragmatis yang menggerus integritas kita," lanjutnya menambahkan.

Presiden Joko Widodo juga sangat memahami dalam dua tahun terakhir ini industri pers di Indonesia mengalami tekanan yang luar biasa berat.

Tekanan itu bukan hanya dampak dari pandemi covid 19 saja tetapi juga disrupsi digital dan tekanan dari platform raksasa asing yang telah menggerus potensi ekonomi serta pengaruh terhadap media-media arus utama.

Baca Juga: Warga Desa Wadas Dikepung Ribuan Polisi, Alisa Wahid: Sampai Kapan Rakyat Dikorbankan Atas Nama Pembangunan?

Perubahan drastis lanskap tersebut menurut Presiden Joko Widodo telah menimbulkan beberapa persoalan baru, seperti munculnya sumber-sumber informasi alternatif dan tren informasi yang semata hanya mengejar jumlah kunjungan yang semakin tumbuh subur.

Halaman:

Editor: Muhammad Jejen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x