Cacar Monyet Belum Jadi Darurat Kesehatan Global, Apa Alasan WHO?

- 28 Juni 2022, 11:58 WIB
Ilustrasi cacar monyet
Ilustrasi cacar monyet /Photo by frommorino/Freepik

HALOYOUTH – Cacar monyet belum dijadikan darurat kesehatan global. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Kendati demikian, Tedros Adhanom pada Senin, 27 Juni 2022, mengaku prihatin dengan wabah cacar monyet yang melanda puluhan negara.

“Saya sangat prihatin dengan wabah cacar monyet, ini jelas merupakan ancaman kesehatan yang berkembang yang diikuti oleh rekan-rekan saya dan saya di Sekretariat WHO," kata Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip Haloyouth.com dari Reuters pada Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Penyakit Mulut dan Kuku, Infeksi Virus Akut yang Sangat Menular

Tedrus mengungkapkan dalam pernyataan terpisah bahwa meski ada beberapa pandangan berbeda di dalam komite, tetapi pada akhirnya mereka setuju bahwa sampai saat ini wabah cacar monyebut bukan merupakan Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC).

WHO sendiri telah melaporkan ada lebih dari 3.200 kasus cacar monyet yang dikonfirmasi dan satu kematian dilaporkan dalam enam minggu terakhir dari 48 negara di mana biasanya tidak menyebar.

Cacar monyet adalah penyakit virus yang menyebabkan gejala mirip flu dan lesi kulit.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu, Lakukan Hal Berikut Ini Jika Terinfeksi Virus Omicron

Penyakit ini telah menyebar sebagian besar pada pria yang berhubungan seks dengan pria di luar negara endemik.

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x