Selama Tahun 2021, Kementerian Pertahanan Memodernisasi Alutsista TNI, Apa Saja itu?

- 29 Desember 2021, 09:18 WIB
P6 ATAV salah satu alutsista canggih buatan Indonesia
P6 ATAV salah satu alutsista canggih buatan Indonesia /sse.id

 

HALOYOUTH - Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan selama tahun 2021 terus berupaya meningkatkan dan memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI.

Hingga akhir tahun 2021 berbagai alutsista canggih dan modern telah memperkuat armada tempur TNI, baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) maupun Angkatan Udara (AU).

Dengan alutsista yang dimiliki TNI saat ini, telah menempatkan Indonesia pada posisi ke-16 sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dan urutan pertama untuk posisi Asia Tenggara.

Baca Juga: Viral Baku Hantam TNI-Polantas, Bagaimana Kronologinya?

Hal ini tidak lepas dari anggaran belanja militer Indonesia saat ini dibawah Kementerian Pertahanan dalam rangka terus memodernisasi peralatan militernya.

Dikutip dari Antara, Indonesia mengeluarkan 6,9 miliar dolar AS atau setara Rp98 triliun, sedangkan dalam alokasi anggaran pertahanan pada tahun 2021 sekitar Rp 136,9 triliun. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun 2020. 
 
Berikut ini lima alutsista terbaru yang dimiliki TNI:
 
1. Kapal Cepat Rudal (KCR)
 
Kapal Cepat Rudal (KCR) merupakan kapal perang produksi industri pertahanan dalam negeri, PT PAL Indonesia (Persero) guna memperkuat armada tempur TNI Angkatan Laut (AL).

Baca Juga: Selain Bonus Miliaran, Atlet Peraih Mendali Olimpiade Tokyo 2020 juga Berpeluang Jadi ASN dan TNI-POLRI

Kapal perang ini masuk dalam kategori Offshore Patrol Vessel (OPV). Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, kapal ini mampu bermanuver dan bergerak secara cepat melakukan pengejaran terhadap kapal asing yang melanggar wilayah teritorial laut Indonesia.
 
Kapal yang memiliki panjang 60 meter dan lebar 8,10 meter ini mampu mengakomodasi kru sebanyak 55 orang. Memiliki berat 500 ton, kapal ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 28 knot pada kondisi full load serta memiliki jarak jelajah 2.400 Nm pada kecepatan 20 knot dan dilengkapi persenjataan canggih dan modern.
 
2. Kapal Pengangkut Tank
  
Dua kapal pengangkut Tank buatan anak bangsa ini diberi nama KRI Teluk Weda-526 dan KRI Teluk Wondama-527. 

Baca Juga: HUT Bhayangkara Ke-75 Tahun, TNI-Polri Gelar Vaksinasi Serentak di 34 Provinsi

Halaman:

Editor: Nahrul Muhilmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x